All About Android and Games

Era Digitalisasi Media Komunikasi


Era Digitalisasi Media Komunikasi

I0119041 Averush Fadliilah Arden Mahasiswa Program Studi https://sipil.ft.uns.ac.id/  Fakultas https://ft.uns.ac.id


A.    Latar Belakang
Diabad ke-21 ini, perkembangan teknologi sangatlah pesat diberbagai bidang. Dengan adanya teknologi, hidup manusia dapat terbantu disegala hal. Dengan adanya teknologi pun suatu pekerjaan dapat dilakukan dengan efisien sehingga dapat menghemat waktu dan juga uang. Salah satu perkembangan teknologi yang sangat membantu manusia adalah dibidang informasi. Sebagai contoh adalah pentingnya efisiensi waktu dalam penyampaian sebuah informasi. Sebuah informasi haruslah segera tersampaikan secara cepat agar informasi tersebut tidak kadaluarsa dan menjadi tidak berguna. Selain itu manusia dapat mengetahui informasi yang sedang berkembang dan manusia juga bisa saling berinteraksi satu sama lain. Untuk itu diperlukanlah perkembangan teknologi dibidang informasi. Dengan adanya perkembangan teknologi dibidang informasi, sebuah informasi dapat tersampaikan dengan cepat.
Untuk menyampaikan sebuah informasi, dibutuhkan media informasi. Media informasi terdiri dari media cetak dan media elektronik. Saat ini media cetak kurang diminati dan masyarakat lebih antusias untuk media elektronik seperti televisi, radio, handphone, laptop, dan lain lain. Melalui media informasi juga sebuah pesan dapat tersampaikan dengan baik jika media yang dibuat tepat kepada sasaran dan informasi yang disampaikan bermanfaat bagi pembuat dan target. Media elektronik adalah media yang  memerlukan alat elektronik untuk membuka kontennya. Tentu hal ini sangat bereda dengan media cetak yang walaupun dibuat secara elektronik tetapi tidak membutuhkan alat elektronik untuk membuka kontennya.

B.     Tujuan Artikel Ilmiah
Tujuan dari dibuatnya artikel ilmiah ini adalah untuk memberikan ulasan mengenai pentingnya media elektronik dalam penyebaran informasi

C.     Pembahasan
Di era ini, dunia pers dan jurnalistik  sangat berkembang pesat, mulai dari zaman kerajaan romawi kuno dimana kerajaan yang ketika itu dipimpin oleh Julius Ceasar, yang mana pada saat itu berkembang surat kabar yang mencatat informasi mengenai kerajaan pasar dan lain – lain. Kemudian tiba di suatu masa dimana surat kabar hanya di pergunakan oleh kaum idealis untuk melakukan social control, sehingga surat kabar tidak hanya bersifat informatif tetapi juga persuasif. Pada saat ini, informasi dapat kita akses dengan sebebas bebasnya. Bahkan semua orang dapat menyebarkan sebuah informasi dengan sangat mudah. Namun, dalam menyebarkan informasi haruslah memiliki nilai, norma dan kode etik yang harus diperhatikan.
Pada abad ke-21, media informasi terus berkembang pesat dan sangat diperlukan setiap saat karena melalui media informasi manusia dapat mengetahui informasi terbaru yang sedang beredar. Selain itu manusia juga bisa saling berinteraksi satu sama lain melalui media informasi. Melalui media informasi juga sebuah pesan dapat tersampaikan dengan baik apabila media yang dibuat tepat kepada sasaran dan informasi yang disampaikan bermanfaat bagi pembuat dan target.
Seiring berkembangnya teknologi dalam penyampaian informasi, maka hasil karya jurnalistik yang dikemas dalam media massa juga berkembang. Mulai dari segi bentuk, cara menyajikan bahasa, dan lain-lain. Namun secara umum, karya jurnalistik atau media massa bisa dibedakan menjadi dua bentuk, yaitu bentuk media cetak dan media elektronik. Masyarakat di era ini lebih suka mencari informasi di media elektronik dan internet. Banyak faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, salah satunya karena media elektronik lebih praktis dan dapat lebih cepat diakses. Salah satu contoh kolaborasi teknologi digital saat ini dalam penyampaian informasi adalah E-newspaper, E-book, dan E-magazine. Dengan adanya teknologi seperti ini dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Sebuah keuntungan juga untuk sebuah instansi karena dapat memberikan info terkini tentang suatu hal. Hal ini juga bisa menambah poin plus suatu instansi dalam hal pelayanan masyarakat. Seperti contoh pada Universitas Sebelas Maret, pemilik laman https://uns.ac.id/, yang berhasil mendapatkan posisi 5 Kampus Terbaik Versi Webometrik, yang terpublikasi pada https://uns.ac.id/id/uns-update/uns-masuk-5-kampus-terbaik-versi-webometric.html . Semua civitas UNS pun ikut andil untuk mendapatkan posisi ini seperti terlihat pada laman https://jurnal.uns.ac.id/ .
Karya jurnalistik baik elektronik maupun cetak tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Namun media cetak dan media elektronik akan tetap berkembang dan berinovasi kearah yang lebih baik. Karena kedua karya jurnalistik ini adalah media untuk menyalurkan informasi ke pembaca, tentu selama informasi masih ada media cetak dan elektronik juga tetap akan ada dan tidak akan ditinggalkan.

D.    Kesimpulan
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini sangat berkembang pesat dan secara otomatis karya jurnalistik baik cetak ataupun elektronik akan ikut berkembang dan berubah kearah yang lebih baik. Namun tidak bisa di pungkiri bahwa kedua karya jurnalistik tersebut sama-sama memiliki kelemahan dan kekurangan.
Namun apapun itu, Seperti yang kita cermati bersama bahwa kedua jenis karya jurnalistik masih ada dan dipergunakan sampai sekarang, bahkan terus berkembang dan terus berkembang. Karena yang di perlukan adalah informasinya dan. Cetak dan elektronik hanyalah media untuk membungkus informasi berita, dengan kata lain, selama masih ada berita dan informasi, maka kedua bentuk karya jurnalistik tersebut tidak akan mati dan bahkan bisa jadi bertambah seperti penggunaan internet dll.

0 Komentar untuk "Era Digitalisasi Media Komunikasi"

Back To Top